Abstract :
This study revealed that there are two variables that aim to determine the
effect of religious and knowledge of business ethics practices applied to the
behavior of traders in the market of Lembang Ciledug, Tangerang. Respondents
in this study were ciledug traders who had traded vegetables and fruits in the
market of Lembang Ciledug, Tangerang. This research was conducted on 110
respondents using a quantitative approach. Analysis of the data used is multiple
linear regression analysis with SPSS statistical software tools. The results of this
study indicate that the test of Business Ethics and Religiosity Knowledge had a
significant effect on the behavior of Lembang Ciledug Market Traders in
Tangerang.
Keywords: Religiosity, Knowledge of Business Ethics, Trader Behavior
Penelitian ini mengungkapkan ada dua variabel yang bertujuan untuk
mengetahui religiusitas dan peranan pengetahuan etika bisnis yang diterapkan
dalam membentuk perilaku pedagang pada pasar Lembang Ciledug Tangerang.
Responden pada penelitian ini adalah masyarakat pedagang Ciledug yang sudah
berdagang sayuran dan buah-buahan dipasar Lembang Ciledug Tangerang.
Penlitian ini dilakukan terhadap 110 responden dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda
dengan alat bantu software statistik SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa secara uji Religiusitas dan Pengetahuan Etika Bisnis berpengaruh
signifikan Perilaku Pedagang Pasar Lembang Ciledug Tangerang.
Kata Kunci : Religiusitas, Pengetahuan Etika Bisnis, dan Perilaku Pedagang.