Abstract :
Komunikasi persuasif secara tidak langsung dapat mempengaruhi orangorang
dalam suatu organisasi ataupun perusahaan. Adapun masalah yang dalam
penelitian ini adalah Layanan Moda Transportasi (taksi resmi bandara)
Internasional Soekarno Hatta melakukan pendekatan pelayanan dengan
memperhatikan kepentingan pelanggan dan menjaga hubungan baik dengan
pelanggan melalui pembinaan komunikasi persuasif. Terkadang dalam hal
pelayanan, sebuah perusahaan memiliki kesalahan dan kegagalan yang dapat
terjadi setiap waktu. Sebagaimana kesalahan dan kegagalan yang dapat terjadi di
dalam suatu perusahaan, Moda Transportasi selalu berusaha untuk membenahi
segala sesuatu yang berkaitan dengan hubungan kepada pelanggan agar pelanggan
selalu mendapatkan pelayanan yang maksimal pada Moda Transportasi taksi
resmi bandara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Peneliti melakukan wawancara kepada 7 narasumber, yaitu Asisstant Manager,
Koordinator Lapangan, Leader, Customer Service, dan tiga orang pelanggan dari
layanan moda transportasi taksi bandara.
Berdasarkan hasil penelitian, komunikasi persuasif yang dilakukan
customer relations dalam menangani keluhan pelanggan masih belum teratasi
dengan baik.
Pada penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa keluhan
pelanggan layanan moda transportasi (taksi resmi bandara) perlu lebih
diperhatikan lagi khususnya untuk para driver taksi, agar dapat memperoleh
kepuasan pelanggan jasa layanan moda transportasi (taksi resmi bandara).
Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Customer Relations, Keluhan Pelanggan