DETAIL DOCUMENT
ANALISA DAN PERANCANGAN WEB E-COMMERCE SEBAGAI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM (Studi Kasus: UMKM Soccer League)
Total View This Week14
Institusion
Universitas Mercu Buana
Author
NURULKAMALIN, MOHAMAD HAIBAL
Subject
004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika 
Datestamp
2020-02-24 03:35:16 
Abstract :
Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are fields that contribute significantly to Indonesia's economic growth. MSMEs is being close to the small community, it also has a high absorption of labor. This is evident in the data of the Ministry of Cooperatives and UMKM in 2011. Mentioned, more than 55.2 million UMKM units were able to absorb around 101.7 million people. This figure increased to around 57.8 million units of MSMEs with a total workforce of 114 million people. As the era of globalization and the development of Information Technology, MSMEs are required to make changes. Unfortunately, MSMEs does not have much media for promotion, marketing and sales of their products. The development of Information Technology can be used for the sale and marketing of products through the virtual world (E-Commerce). The advantages are wide coverage, it does not have space and time to be done, and can be done anywhere.The final result of this research is E-Commerce web which is expected to help the development of Small and Medium Micro Enterprises in Indonesia. Key words: E-commerce, information system, MSME, UML, Web.Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) merupakan bidang yang memberikan kontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain karena dekat degan masyarakat kecil, UMKM juga mempunyai daya serap yang tinggi terhadap tenaga kerja.Hal ini terbukti dalam data milik Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2011. Disebutkan, lebih dari 55,2 juta unit UMKM mampu menyerap sekitar 101,7 juta orang. Angka tersebut meningkat menjadi sekitar 57,8 juta unit UMKM dengan jumlah tenaga kerja mencapai 114 juta orang.Seiring era globalisasi dan perkembangan Teknologi Informasi, UMKM dituntut untuk melakukan perubahan.Sayangnya UMKM tidak banyak memiliki media untuk promosi, pemasaran, dan penjualan-penjualan produk mereka.Perkembangan Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan untuk penjualan dan pemasaran produk melalui dunia maya (E-Commerce). Keuntungannya yaitu cakupan yang luas, tidak mengenal ruangdan waktu, dan dapat dilakukan dimana saja.Hasil akhir dari penelitian ini adalah media web E-Commerce yang diharapkan dapat membantu perkembangan Usaha Mikro Kecil dan menengah di Indonesia. Kata kunci: E-commerce, Sistem Informasi, UMKM, UML, Web. 
Institution Info

Universitas Mercu Buana