DETAIL DOCUMENT
ANALISIS GAYA GESEK BAN DEPAN DAN BELAKANG DENGAN VARIASI KECEPATAN MOBIL LISTRIK PROSOE KMHE 2019
Total View This Week18
Institusion
Universitas Mercu Buana
Author
IRAWAN, FAJAR
Subject
621 Applied Physics/Fisika terapan 
Datestamp
2020-06-25 06:54:58 
Abstract :
ABSTRAK Industri otomotif masa kini tidak hanya menawarkan produk kendaraan dengan performa bagus, aman dan nyaman, tetapi juga efisien dari segi penggunaan bahan bakar. Seiring dengan semakin mahalnya harga bahan bakar (energi), mobil hemat energy menjadi alternative dan solusi bagi masyarakat pengguna kendaraan. Tujuan dari penelitian ini ialah : Mengetahui nilai gaya gesekan (friction) ban depan dan belakang mobil listrik prosoe KMHE 2019 yang terjadi karena adanya kecepatan berkendara pada ban tipe 20'' x 1.75''. Metode Pengujian ini menggunakan metode eksperimen, yaitu suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat antara dua faktor yang berpengaruh. Dari hasil semua pengujian menerangkan bahwa semakin besar kecepatan yang digunakan dalam pengujian pada mobil listrik prosoe KMHE 2019, maka nilai koefisien gesek yang dihasilkan semakin kecil. Koefisen gesek terbesar terjadi pada kecepatan berkendara 5 km/jam dan 10 km/jam dengan nilai koefisien gesek sebesar 0,19 , pada kecepatan berkendara 20 km/jam mengalami penurunan koefisien gesek sebesar 0,01 dengan nilai koefisien gesek 0,18 , dan pada kecepatan berkendara 30 km/jam juga mengalami penurunan koefisien gesek sebesar 0,01 dengan nilai koefisien gesek sebesar 0,17. Nilai gaya gesek yang dihasilkan dengan variasi kecepatan berkendara dalam pengujian pada mobil listrik prosoe KMHE 2019 membuktikan bahwa semakin besar kecepatan yang digunakan dalam pengujian pada mobil listrik prosoe KMHE 2019, maka nilai gaya gesek (friction) yang dihasilkan semakin kecil. Gaya gesek (friction) terbesar terjadi pada ban belakang mobil listrik prosoe KMHE 2019 dengan kecepatan berkendara 5 km/jam, 10 km/jam, dan massa tumpu roda sebesar 110 kg, nilai gaya gesek yang terjadi yaitu sebesar 51,21 N dan yang paling terkecil terjadi pada ban depan dengan kecepatan berkendara 30 km/jam, dan massa tumpu roda sebesar 40 kg, nilai gaya gesek yang terjadi yaitu sebesar 16,66 N. Kata Kunci : mobil listrik, ban, gaya gesek, kecepatan ABSTRACT The automotive industry today not only offers vehicle products with good performance, safety and comfort, but also is efficient in terms of fuel use. Along with the increasingly high price of fuel (energy), energy-efficient cars become alternatives and solutions for the vehicle user community. The purpose of this study is: To determine the value of the friction (friction) of the front and rear tires of the KMHE 2019 prosoe electric car that occurs because of the driving speed of the type 20''x 1.75 '' tires. This testing method uses an experimental method, which is a way to find a causal relationship between two influential factors. From the results of all tests explain that the greater the speed used in testing on the KMHE 2019 electric car prosoe, the resulting friction coefficient value gets smaller. The greatest coefficient of friction occurred at a driving speed of 5 km / hour and 10 km / hour with a coefficient of friction value of 0.19, at a driving speed of 20 km / jam decreased friction coefficient of 0.01 with a coefficient of friction value of 0.18, and at driving speed of 30 km / hour also experienced a decrease in the coefficient of friction by 0.01 with a coefficient of friction value of 0.17. The value of the friction produced with variations in driving speed in testing on the KMHE 2019 prosoe electric car proves that the greater the speed used in testing on the 2019 KMHE prosoe electric car, the resulting smaller friction value (friction). The greatest friction occurred on the rear tire of the KMHE 2019 prosoe electric car with a driving speed of 5 km / hour, 10 km / hour, and a wheel mass of 110 kg, the value of the friction that occurred was 51.21 N and the most the smallest occurred in the front tire with a driving speed of 30 km / hour, and the wheel mass of the wheel is 40 kg, the friction value that occurs is equal to 16.66 N. Keywords: electric cars, tires, friction, speed 
Institution Info

Universitas Mercu Buana