Abstract :
Kini media sosial dimanfaatkan oleh perusahaan untuk kegiatan bisnis, salah
satunya yakni membentuk kesadaran merek. Public relations merasa penting
mengelola akun media sosial untuk membentuk kesadaran merek pada khalayak
online. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengelolaan akun YouTube PT Sangga Hayam Bhumi
@Ninasabriyanti520 sebagai media komunikasi untuk membentuk kesadaran
merek.
Konsep yang digunakan dalam penelitian yakni Model Sirkular SoMe untuk
Komunikasi Sosial yakni berbagi (share), optimalkan (optimize), kelola (manage).
Penelitian menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif
dan tipe penelitian deskriptif. Subyek penelitian melibatkan 6 narasumber. Teknik
pengumpulan data menggunakan data primer berupa wawancara mendalam dan
data sekunder menggunakan sumber buku, jurnal, dan website. Teknik analisis data
secara kualitatif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan properti telah melakukan
kegiatan pengelolaan akun YouTube @ninasabriyanti520 dengan menggunakan
konsep model SoMe milik Luttrel. Keempat poin dari konsep SoMe yakni share,
optimize, manage, dan engage telah dilakukan dengan baik. Namun, untuk manage
(pengelolaannya) dapat dikatakan masih sangat lambat merespon pertanyaan yang
diajukan khalayak online sehingga khalayak merasa kecewa dengan respon
pelayanan komunikasi dua arahnya yang tidak responsif. Sarannya, sebaiknya
pemilik akun atau owner lebih responsiveness dalam merespon pertanyaan
khalayak online.
Nowadays, social media is utilized by companies for business activities, one
of which is shaping brand awareness. Public relations feels it is important to
manage social media accounts to form brand awareness in online audiences. Based
on the background description, the purpose of this study is to determine the
management of PT Sangga Hayam Bhumi's youtube account @ninasabriyanti 520
as a public relations communication medium to increase brand awareness.
The concept used in the research is the SoMe Circular Model for Social
Communication, namely share, optimize, manage. The research uses a
constructivism paradigm with a qualitative approach and descriptive research type.
The research subject involved 6 sources. Data collection techniques use primary
data in the form of in-depth interviews and secondary data using book, journal and
website sources. Qualitative data analysis techniques. The data validity technique
uses triangulation of data sources.
The research results show that the property company has carried out
management activities for the YouTube account @ninasabriyanti520 using
Luttrel's SoMe model concept. The four points of the SoMe concept, namely share,
optimize, manage and engage, have been carried out well. However, it can be said
that management is still very slow in responding to questions asked by online
audiences so that audiences feel disappointed with the unresponsive response of
two-way communication services. The suggestion is that the account owner or
owner should be more responsive in responding to online audience questions.