DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengaruh Layanan Marketplace Terhadap Loyalitas Customer Menggunakan Metode SEM PLS
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
Author
Nugraha, Eko Depa
Subject
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 
Datestamp
2023-03-27 03:42:25 
Abstract :
Marketplace adalah sebuah layanan jual beli online. Banyak masyarakat yang beralih dari transaksi jual beli konvensional ke online. Dikarenakan banyak kemudahan dan promo yang bisa didapatkan. Indonesia memiliki jumlah pengguna marketplace yang tinggi. Tingginya pengguna marketplace ditunjang dengan adanya brand marketplace seperti : Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lain-lain. Setiap brand marketplace memberikan kualitas layanan dengan harapan dapat membuat pelanggan menjadi loyal. Kualitas layanan tersebut biasa dilakukan dengan memberikan kemudahan penggunaan sistem, kenyamanan sistem, pilihan produk, pilihan jasa pengiriman, pilihan media pembayaran, diskon atau promo dan layanan after sales dari masingmasing marketplace. Dikarenakan marketplace bersifat customer oriented. Pengaruh layanan marketplace terhadap loyalitas pelanggan perlu diuji dan dibuktikan, agar target marketplace untuk menjaga loyalitas pelanggan dapat terpenuhi. Penguian data menggunakan aplikasi SmartPLS dengan mengolah data kuisioner menggunakan beberapa variabel yaitu : E-Service, E-Satisfication, E-Trust dan E-Loyality. Untuk mencapai hasil yang diinginkan maka variabel uji harus memiliki nilai yang sesuai (memiliki pengaruh) terhadap E-Loyality (Loyalitas Customer). Kata Kunci: Kualitas Layanan, Loyalitas, Marketplace, Online, Brand, Customer, SEM PLS, Kuisioner, E-Service, E-Satisfication, E-Trust dan E-Loyality 
Institution Info

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri