DETAIL DOCUMENT
Pemodelan UIUX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Furnicraft
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
Author
Nadifa, Ajeng Syechan
Subject
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 
Datestamp
2023-05-24 06:25:51 
Abstract :
Kemajuan teknologi membuat pembeli dapat berbelanja dengan online tanpa harus datang ke toko fisik. Aplikasi-aplikasi marketplace sebagai wadah jual beli masyarakat juga ikut bersaing untuk memberikan pelayanan terbaik bagi kedua belah pihak. Beberapa isu pada berbagai aplikasi yang menjadi persoalan adalah dari sisi user interface dan user experience. Peran UI dan UX sangat penting dalam pembuatan aplikasi untuk mencapai kenyamanan pengguna. Marketplace memiliki peran sekaligus peluang besar dalam berbisnis di masa kini. Namun, belum banyak aplikasi yang dikhususkan untuk menjual salah satu kategori tertentu contohnya mebel. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan industri mebel tahun 2021 memiliki kenaikan sebesar 8,16% dibandingkan tahun 2020. Hal ini berarti pertumbuhan industri mebel memiliki potensi dan peningkatan yang cukup baik di Indonesia. Aplikasi Furnicraft merupakan pemodelan UIUX berupa marketplace yang khusus menjual produk mebel bagi UMKM. Pemodelan aplikasi ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari 5 tahap (empathize, define, ideate, prototype, test) agar lebih fokus kepada kebutuhan pengguna. Prototipe yang telah dibangun, diuji kepada 5 responden dengan teknik Usability Testing. Hasil pengujian mendapatkan skor 75 dari sisi penjual dan 76 dari sisi pembeli. Meskipun hasilnya cukup baik, masih terdapat beberapa masukan dari responden terhadap alur dan fitur aplikasi Furnicraft. Kata Kunci: Aplikasi, UMKM, UI/UX, E-Commerce, Design Thinking 
Institution Info

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri