DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN MASKOT RETALI MITRA DEPOK ABU AFFAN DENGAN METODE DESIGN THINKING
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
Author
Hanif, Muhammad
Subject
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 
Datestamp
2024-04-30 03:33:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kondisi bisnis dibawah kepemimpinan Bapak Edy Yulianto sebagai sales team leader dari Retali Mitra Depok Abu Affan, yaitu seorang mitra perorangan yang membantu penjualan tiket Umroh di bawah naungan PT. Retali Mustajab Travel Cabang Cileungsi. Kesadaran akan rendahnya tingkat pengenalan secara online, terutama di platform Instagram, muncul karena kurangnya identitas visual yang mudah dikenali dan berbeda dari pesaing di PT. Retali Mustajab Travel. Dampaknya sangat negatif terhadap brand recognition Retali Mitra Depok Abu Affan secara online, yang pada ujungnya menyebabkan penurunan minat pembeli. Permasalahan ini diidentifikasi melalui wawancara dengan sales team leader Retali Mitra Depok Abu Affan dan penyebaran kuesioner dalam mini riset pasar. Sebanyak 24 responden dipilih dengan kriteria termasuk generasi wanita dari kelompok milenial dan gen X, yang berdomisili Depok, di grup WhatsApp pengajian ibu-ibu yang aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi Deskriptif. Hasil penelitian ini menghasilkan solusi berupa perancangan maskot yang menggabungkan dua metode perancangan, yaitu Design Thinking 101 dan metode perancangan maskot 5M. Dalam merancang identitas visual maskot dengan pendekatan design thinking, enam tahap perlu dilalui. Pertama, tahap Empathize melibatkan pengumpulan data dan brief perancangan. Kemudian, Define melibatkan definisi masalah dan identifikasi persona target market. Selanjutnya, Ideation mendorong pembentukan ide perancangan. Tahap Prototype melibatkan pembuatan low fidelity prototype, pemilihan, dan penilaian kandidat maskot dengan melibatkan responden, serta melakukan follow-up ke pemesan dan pengembangan ke high fidelity prototype. Tahap Test melibatkan evaluasi high fidelity prototype dan follow-up ke pemesan. Sementara itu, tahap Implementation fokus pada implementasi maskot di berbagai media. Hasil akhirnya berupa produk digital dalam bentuk identitas visual berupa maskot dua dimensi. Produk ini telah teruji efektif dalam kategori tinggi, sudah disetujui oleh sales team leader Retali Mitra Depok Abu Affan, dan siap diimplementasikan sebagai percobaan maskot, yang akan digunakan sebagai logo dalam berbagai media promosi seperti foto profil, brosur, video reels, dan foto perjalanan jamaah umroh di akun Instagram @retali_travelumroh_mitra_depok. Diharapkan bahwa langkah ini dapat membantu meningkatkan brand awareness(brand recognition) Retali Mitra Depok Abu Affan di media sosial, terutama di Instagram di masa depan. Kata kunci : Bisnis Retali Mitra Depok Abu Affan, Identitas Visual Pengenalan Merek, Maskot. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri