Institusion
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
Author
RAMADHANI, SHALIAH FUTRI
Subject
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Datestamp
2024-09-17 08:29:15
Abstract :
Bisnis merupakan aspek tak terpisah dari kehidupan manusia yang melibatkan berbagai kegiatan dengan tujuan mencari keuntungan, penggunaan internet dalam bisnis telah berkembang dari sekedar alat pertukaran informasi elektronik menjadi strategi pemasaran yang luas, termasuk melalui platform media sosial seperti Instagram. KUMIZE ADVENTURE adalah bisnis rintisan yang menyediakan jasa dan penyewaan peralatan pendakian serta perjalanan trip, dengan menggunakan Instagram sebagai sarana utama untuk pemasaran, memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan platform tersebut. Tujuan penelitian ini adalah memahami dan mengevaluasi strategi pemasaran digital KUMIZE ADVENTURE melalui Instagram. Fokusnya adalah penggunaan Instagram sebagai alat pemasaran, dengan observasi dan analisis terhadap akun bisnis. Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan pemilik usaha serta kuesioner google formulir kepada 30 responden untuk mengetahui minat dan kepuasan pelanggan terhadap konten Instagram. Penelitian ini termasuk dalam tindakan action research dengan metode kualitatif deskriptif dan pengujian UAT ( user acceptance testing ). Konsisten memposting konten di Instagram membantu mambangun kesadaran merek dan meningkatkan keterlibatan melalui interaksi aktif. Responden menginginkan akun @kumize.adventuredepok lebih aktif dalam membuat konten, terutama postingan feeds dan reels yang menampilkan perjalanan pendakian, edukasi, serta foto barang sewa. Mereka juga menginginkan pembaruan informasi melalui Instagram story dan dapat menyajikan konten yang menarik dan relevan secara konsisten.
(kunci: Strategi pemasaran, media sosial, Instagram, rental outdoors)