Institusion
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
Author
Azzami, Sayyid Hamzah
Faisal, Faralita
Subject
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Datestamp
2025-02-21 02:05:31
Abstract :
Tugas Akhir ini membahas tentang Marhaban FC, salah satu UMKM kuliner dengan bisnis fried chicken yang menyediakan sistem franchise atau kemitraan. Pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk proses penjualan yaitu platform Instagram untuk menampilkan daftar produk dan WhatsApp untuk menerima pesanan pembelian. Sayangnya, pendapatan penjualan Marhaban FC tidak mengalami peningkatan, dan basis pelanggan stagnan serta cabang belum bertambah. Hal ini karena kurangnya promosi dan kesadaran merek dari Marhaban FC. pemanfaatan platform sosial media saat ini masih kurang mendukung proses transaksi yang lebih efisien dan kurang menarik bagi pelanggan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan mengembangkan rancangan UI/UX yang intuitif dan menarik untuk situs web Marhaban FC. Dengan memakai metode design thinking, diharapkan mampu meningkatkan penjualan, menarik pelanggan baru, dan memperluas cabang Marhaban FC. Perancang desain UI tampilan website ini menggunakan tools Figma agar proses berjalan dengan lebih optimal dan efektif. Penelitian ini diuji dengan metode usability testing dan pengukuran system usability scale SUS menggunakan kuesioner yang terdiri dari 10 pertanyaan dengan skor skala 1-5. Hasil pengujian yang dilakukan menggunakan usability testing dengan penyebaran kuesioner SUS adalah sebesar 77 nilai yang cukup baik untuk diterima pembeli dan penjual.
Kata kunci : SUS, UI/UX, Design Thinking, Usability Testing