DETAIL DOCUMENT
Rancang Bangun Aplikasi Client Custumer Relationship Management (CRM) Berbasis Mobile Studi Kasus CV Esindo Multi Tata
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
Author
Wahyudi, Riyan
Subject
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 
Datestamp
2022-01-28 03:51:21 
Abstract :
CV Esindo Multi Tata adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perpajakan yang berfokus pada bidang pelatihan, perpajakan, akuntansi dalam pengembangan aplikasi terkait. Pada tahun 2014, untuk menunjang kebutuhan transaksi dengan pelanggan, CV Esindo Multi Tata membangun sistem aplikasi customer relationship management (CRM) bernama Esi-Crm berbasis web dengan perkembangan model bisnis dan teknologi serta kebutuhan dari berbagai pihak pengguna. Aplikasi Esi-Crm ditemukan berbagai permasalahan yaitu pada proses transaksi penjualan pembuatan tagihan pengelolaan produk pelatihan dan pemesanan produk dapat kurang efisien oleh pengguna menggunakan komputer desktop atau laptop, pengguna berkeinginan aplikasi dapat diakses dengan baik menggunakan perangkat mobile smartphone penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi customer relationship management berbasis mobile pada CV Multi Tata dengan menggunakan Android native yang mengakses database SQL melalui web service. Metode pengembangan yang digunakan dalam proses perancangan aplikasi ini adalah dengan Waterfall dan diagram UML pengujian fungsional aplikasi yang menggunakan pengujian black box yang dilakukan dengan user acceptance test dan kuesioner pengguna dari penelitian ini didapat 100% fungsionalitas aplikasi mobile CRM berjalan dengan baik dan hasil kuesioner untuk kelayakan aplikasi Esi-Crm menggunakan skala ukur stiker didapat persentase kelayakan sebesar 93.75% yang artinya aplikasi sangat layak digunakan serta dapat memudahkan dan mengefisiensikan pekerjaan pengguna. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri