DETAIL DOCUMENT
Strategi Pendidikan Soft Skill Berbasis Media Sosial Untuk Mahasiswa
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
Author
Ramadhani, Silmi Rizqi
Subject
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 
Datestamp
2022-01-31 01:49:29 
Abstract :
Di lingkungan perguruan tinggi, proses pembelajaran yang terjadi terdiri dari dua cara. Pertama, pembelajaran yang menggunakan hard skill, yakni lebih menekankan pada pembangunan intelektual yang langsung pada permasalahan. Kedua, pembelajaran soft skill. Pelajaran yang diberikan saat di perguruan tinggi lebih condong pada keterampilan teoritik mengakibatkan kebanyakan mahasiswa mementingkan hard skill dalam belajar, Kurangnya pendidikan soft skill pada mahasiswa menyebabkan mereka hanya pandai menghafal pelajaran dan sudah merasa sukses dengan mempunyai keterampilan. Bukan berarti hard skill tidak di butuhkan oleh mahasiswa, tetapi keduanya harus berjalan bersamaan. Pada pendidikan soft skill untuk mahasiswa, biasanya diajarkan melalui tatap muka langsung dengan pengajar di perguruan tinggi. Melihat data hasil survei WeAreSocial.net dan Hootsuite per Januari 2018 yang menyebutkan bahwa Indonesia sebagai pengguna aktif Instagram dan Twitter terbesar di dunia, Penggunaan media sosial Instagram sebagai metode pembelajaran dapat dikatakan sebagai peluang bahwa media sosial juga dapat digunakan untuk pendidikan soft skill terutama pendidikan soft skill informal contohnya pembentukan karakter. Penelitian ini mengevaluasi pendidikan soft skill saat ini dengan menggunakan rumus skala likert. Lalu dari hasil evaluasi tersebut di dapat sebuah rekomendasi strategi pendidikan soft skill untuk mahasiswa menggunakan media sosial. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri