DETAIL DOCUMENT
Hubungan Kebiasaan Bermain Smartphone dengan Interaksi Sosial pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun)
Total View This Week0
Institusion
STIKES Patria Husada
Author
Arifianti, Khusnul
Subject
Nursing 
Datestamp
2021-03-15 09:22:10 
Abstract :
Saat ini penggunaan smartphone dikalangan anak-anak semakin memprihatinkan, terlihat jelas bahwa anak-anak lebih cepat beradaptasi dengan teknologi yang ada. Hal ini dapat memberikan dampak negatif karena akan berdampak pada perkembangan khususnya perkembangan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan bermain smartphone dengan interaksi sosial pada anak usia sekolah di SDN Bendo 2. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini sebesar 299 siswa, dan sampel pada penelitian ini sejumlah 73 responden dengan teknik sampling yang diggunakan adalah accidental sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar wawancara. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan uji spearmen?s rank. Hasil uji penelitian ini menggunakan uji spearmen?s rank yaitu nilai signifikasi (?) sebesar 0,000 yaitu <0, 05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara variabel Kebiasaan bermain smartphone dengan Interaksi sosial. Bermain smartphone dengan durasi yang cukup panjang dan dilakukan setiap hari, bisa membuat anak berkembang kearah anti sosial. Dampak yang ditimbulkan dari hal itu sebenarnya adalah dapat membuat anak bersikap lebih individualis karena lama kelamaan menyebabkan lupa berkomunikasi dan berinteraksi terhadap lingkungan sekitar. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan edukasi kepada orang tua untuk mendampingi anak-anak dalam menggunakan smartphone sehingga anak dapat menggunakan smartphone secara tepat. 

Institution Info

STIKES Patria Husada