DETAIL DOCUMENT
Hubungan Response Time Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat
Total View This Week0
Institusion
STIKES Patria Husada
Author
Rahayu, Ibut Puji
Subject
Nursing 
Datestamp
2021-03-15 07:44:38 
Abstract :
Pelayanan Gawat Darurat memerlukan pertolongan segera yaitu cepat, tepat dan cermat untuk menentukan prioritas kegawatdaruratan pasien. Keberhasilan penanganan gawat darurat sangat tergantung pada kecepatan yang tersedia serta kualitas pemberian pertolongan untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan response time perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat. Penelitian ini menggunakan desain analisis korelatif dengan pendekatan cross sectional. Tempat dan tanggal penelitian di IGD Rumah Sakit Katolik Budi Rahayu Blitar pada tanggal 8-25 Januari 2020. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah populasi semua pasien rawat inap label kuning berjumlah 100 responden. Sampel berjumlah 50 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk menilai response time perawat dan kuisioner kepuasan pasien (15 pernyataan). Analisis statistik menggunakan uji Spearman Rho. Hasil uji statistik diperoleh p = 0,000, dimana ? ? 0,05 dan r = - 0,744, yang berarti ada hubungan negatif yang sangat kuat antara response time perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Kategori response time sangat cepat (0-5 menit) sebanyak 43 (86%) responden merasa sangat puas dan 6% responden merasa puas. Response time cepat (>5 menit-15 menit) sebanyak 6% responden merasa puas. Response time lambat didapatkan 2% merasa tidak puas. Response time diupayakan lebih baik lagi sehingga ada peningkatan kualitas pelayanan. 

Institution Info

STIKES Patria Husada