DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI MI DARUSALAM PAKUNDEN BLITAR
Total View This Week0
Institusion
STIKES Patria Husada
Author
Anggraini, Nita Aprilia Yudi
Subject
Education in Nursing 
Datestamp
2021-01-20 13:58:46 
Abstract :
Sebagian besar orang berpendapat bahwa untuk memperoleh prestasi belajar yang tinggi diperlukan kecerdasan intelektual yang tinggi pula. Namun berdasarkan hasil penelitian ahli psikologi, kecerdasan emosi memiliki peranan yang tidak kalah penting dalam memperoleh prestasi belajar yang tinggi, dimana emosi seorang siswa terutama siswa usia Sekolah Dasar (SD) umumnya sangat dipengaruhi oleh faktor bawaan dan faktor lingkungan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Darussalam. Penelitian menggunakan desain Cross Sectional, dilakukan di MI Darussalam Pakunden Kota Blitar pada tanggal 24-25 Mei 2016. Sampel terdiri dari semua siswa kelas V dengan jumlah sampel 33 siswa dengan teknik total sampling metode pengumpulan data menggunakan hasil nilai rapor semester ganjil dan kuesioner kecerdasan emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa baik sebanyak 24 siswa (72,7%), tingkat kecerdasan emosional rata-rata tinggi sebanyak 30 siswa (90,9%). Dari hasil uji statistic spearman rho didapatkan hasilr 0,570, p < 0,05 yang berarti tidak ada hubungan antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan untuk semua pihak baik orang tua, guru, dan lingkungan sekitar terus membimbing siswa dalam memperoleh prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa. Kata kunci : prestasi belajar, kecerdasan emosional 
Institution Info

STIKES Patria Husada