DETAIL DOCUMENT
ANALYSIS CORRELATION SATISFACTION OF NURSES ON PROFESSIONAL NURSING CARE METHOD (MAKP) PRIMARY TEAM (MODIFICATION) WITH THE PERFORMANCE OF NURSES IN ROOM MELATI MARDI WALUYO HOSPITAL BLITAR
Total View This Week0
Institusion
STIKES Patria Husada
Author
Reinnamah, Nope Suryamin Go
Subject
 
Datestamp
2018-03-12 01:07:58 
Abstract :
Abstrak : Banyak perawat merasa tidak puas akan beban kerja yang tinggi karena sistem metode yang diterapkan tidak sesuai dengan kondisi ruangan yang ada di Rumah Sakit / Ruangan, sehingga perlu adanya pembenahan dalam sistem asuhan keperawatan yang baik dan sesuai. Sistem Metode Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) merupakan suatu kerangka kerja yang mendefinisikan empat unsur, yaitu: standar, proses keperawatan, pendidikan keperawatan dan sistem MAKP. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan kepuasan perawat tentang metode asuhan keperawatan (MAKP) tim primer (Modifikasi) dengan kinerja perawat. Desain penelitian ini adalah korelasi, dengan variabel bebasnya adalah kepuasan perawat terhadap MAKP modifikasi di ruang Melati dan variabel terikatnya adalah kinerja perawat di ruang Melati. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan dan kinerja. Lokasi penelitian dilakukan di ruang Melati RSUD Mardi Waluyo Blitar pada tanggal 03 Agustus sampai 14 Agustus 2015. Populasinya sebanyak 14 perawat dengan sampel 14 perawat menggunakan total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan 78,6 % merasa puas, 21,4 % merasa tidak puas dan 57 % kinerja tinggi, adapun responden yang memiliki kinerja sangat tinggi 36 %. Dengan menggunakan uji tes Sperman?s rho menunjukkan ? = 0,010 < ? 0,05 yang berarti ada hubungan sedangkan rs = -0,664 yang artinya memiliki korelasi tidak searah. Dari penelitian ini diharapkan lembaga pendidikan kesehatan dapat bekerjasama dengan perawat untuk memberikan pendidikan dan pelatihan agar terciptanya perawat profesional yang saling bekerjasama secara tim untuk memudahkan pembagian pekerjaan sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Kata kunci: kepuasan, kinerja, MAKP modifikasi 
Institution Info

STIKES Patria Husada