DETAIL DOCUMENT
Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat IGD dengan Kepuasan Pasien dalam Penanganan di IGD RSUD Mardi Waluyo kota Blitar
Total View This Week0
Institusion
STIKES Patria Husada
Author
Samudra, Aris Bintang
Subject
 
Datestamp
2019-05-15 07:14:33 
Abstract :
Faktor yang berperan penting dalam pemberian asuhan keperawatan adalah komunikasi terapeutik. Komunikasi terapeutik yang optimal akan berdampak pada kepuasan pasien dan meningkatkan mutu Rumah Sakit. Tujuan penelitaian ini adalah untuk melihat gambaran tentang hubungan komunikasi perawat IGD dengan kepuasan pasien dalam penanganan di IGD RSUD Mardi Waluyo kota Blitar. Desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 245 pasien. Pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan sampel berjumlah 52 pasien. Uji statistik menggunakan spearman rho. Hasil penelitian didapatkan komunikasi terapeutik perawat IGD dalam penanganan pasien 25 pasien (48,1 %) dalam kategori cukup, kepuasan pasien dalam penanganan pasien 29 pasien (55,8 %) dalam kategori puas. Hasil analisa uji statistik terdapat hubungan komunikasi terapeutik perawat IGD dengan kepuasan pasien dalam penanganan di IGD RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar dengan nilai p = 0,000. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien saat menerima pelayanan kesehatan adalah komunikasi terapeutik. Kepuasan timbul adanya keterampilan dan tanggung jawab perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan, seperti perawat yang menangani masalah dengan tepat dan profesional, perawat yang bersedia menawarkan bantuan ketika pasien mengalami kesulitan. Hasil penelitian ini diharapakan perawat meningkatkan pelayanan yang berkualitas, lebih memperhatikan komunikasi terapeutik dalam pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien, dengan fokus utama pada tahap perkenalan, memperbaiki kemampuan melaksanakan perkenalan di awal pertemuan dengan pasien untuk memberikan informasi yang tepat kepada pasien. 

Institution Info

STIKES Patria Husada