Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Ilmi, Fadhilatul
Susanto, Noor Annisa
Subject
AI Keperawatan
Datestamp
2019-08-20 03:36:58
Abstract :
Apotek adalah tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan farmasi kepada
masyarakat. Pelayanan kefarmasian bertujuan untuk mencegah dan menyelesaikan masalah obat
dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satu indikator yang digunakan untuk
menganalisis kualitas pelayanan di apotek adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek
Buring Farma Kota Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen
yang digunakan berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang
membeli dengan sampel menggunakan metode purposive sampling yang memenuhi kriteria
inklusi. Besar sampel sebanyak 54 responden. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi
berwujud diperoleh persentase skor 81,3%, pada dimensi keandalan diperoleh persentase skor
74,2%, pada dimensi daya tanggap diperoleh persentase skor 49,5%, pada dimensi kepastian
diperoleh persentase skor 82,4%, pada dimensi empati diperoleh persentase skor 77,2%. Penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Apotek Buring Farma
Kota Malang menunjukkan kriteria puas dengan persentase skor 73,2%.
Kata Kunci : Apotek, Pelayanan Farmasi, Kepuasan Pelanggan