Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Danggar, Dionisius
Pratama, Jainuri Erik
Subject
AP Aspek Kedokteran Umum
Datestamp
2019-08-19 08:23:11
Abstract :
Salah satu tantangan dalam pelayanan kesehatan di puskesmas adalah terpenuhinya harapan
masyarakat akan mutu kualitas pelayanan farmasi. Puskesmas selaku penyedia jasa dituntut untuk
dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mencapai kepuasan masyarakat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas
pelayanan kefarmasian di Puskesmas Ciptomulyo kota Malang. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 45 responden dengan kriteria pasien rawat jalan,
umur 15 sampai 61 tahun yang dilakukan pada bulan Februari – Maret 2017. Pemilihan sampel
dengan metode purposive sample. Data diperoleh dengan penyebaran kuisioner yang
pertanyaannya mencakup 4 variabel yaitu : variabel penyerahan obat responden menjawab sangat
baik dengan persentase sangat baik 33,35%, baik 46,66% dan cukup baik 17,77%. Variabel
pelayanan informasi obat (PIO) responden menjawab sangat baik dengan persentase 27,77%, baik
54,44%, dan cukup baik 17,77%. Variabel konseling responden menjawab sangat baik dengan ratrata persentase sangat baik 35,55%, baik 46,66%, dan cukup baik 17,77% sedangkan variabel
pemantauan terapi obat (PTO) responden menjawab sangat baik dengan persentase sangat baik
28,32%, baik 50% dan cukup baik 21,11%. Pengolahan dan analisis data dengan analisa deskriptif,
dimana data yang disajikan dalam bentuk lembar kuisioner serta uji validitas dan reliabilitas.
Kinerja kamar obat Puskesmas Ciptomulyo sebagian besar telah sesuai dengan harapan pasien,
pasien merasa puas terhadap penyerahan obat, pelayanan informasi obat (PIO), konseling dan
pemantauan terapi obat (PTO).
Kata Kunci : Tingkat kepuasan, Kualitas Pelayanan Kefarmasian (Penyerahan Obat, Pelayanan
Informasi Obat (PIO), Konseling dan Pemantauan Terapi Obat), Apotek.