DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN PEMBERIAN INFORMASI OBAT DI RUMAH SAKIT UMUM AMINAH DI KOTA BLITAR
Total View This Week23
Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Andriana, Fetty
Subject
AP Aspek Kedokteran Umum 
Datestamp
2019-08-19 08:40:28 
Abstract :
Pelayanan kefarmasian sebagai salah satu unsur dari pelayanan utama di Rumah sakit yang sangat dibutuhkan oleh pasien. Salah satu aspek pelayanan yang perlu diperhatikan adalah pemberian informasi obat. Ada beberapa aspek dalam pemberian informasi obat yaitu meliputi cara pakai obat tersebut, penyimpanan, rute pemberian, dan waktu pemberian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan pemberian informasi obat di Rumah Sakit Umum Aminah di kota Blitar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Variabel dalam penelitian ini mencakup lima aspek yaitu tangible (fasilitas), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan) dan emphaty (empati). Berdasarkan dari pembahasan diatas dapat diketahui persentase rata-rata dari mutu pelayanan di Rumah Sakit Umum Aminah Kota blitar sebesar 76,76 % , ini menunjukan bahwa secara keseluruhan pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan pemberian informasi obat pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Aminah Kota Blitar. Namun dilihat dari hasil penelitian, responsiveness memperoleh nilai puas yaitu 71,5% dan menduduki urutan paling bawah dari 5 aspek yag diteliti. Kata kunci :Pemberian informasi obat,tingkatkepuasan, 
Institution Info

Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang