Abstract :
Pelayanan kefarmasian sebagai salah satu unsur dari pelayanan utama di Rumah sakit
yang sangat dibutuhkan oleh pasien. Salah satu aspek pelayanan yang perlu diperhatikan adalah
pemberian informasi obat. Ada beberapa aspek dalam pemberian informasi obat yaitu meliputi
cara pakai obat tersebut, penyimpanan, rute pemberian, dan waktu pemberian. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan pemberian
informasi obat di Rumah Sakit Umum Aminah di kota Blitar. Penelitian ini termasuk penelitian
deskriptif. Variabel dalam penelitian ini mencakup lima aspek yaitu tangible (fasilitas), reliability
(kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan) dan emphaty (empati).
Berdasarkan dari pembahasan diatas dapat diketahui persentase rata-rata dari mutu pelayanan di
Rumah Sakit Umum Aminah Kota blitar sebesar 76,76 % , ini menunjukan bahwa secara
keseluruhan pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan pemberian informasi obat pada pasien
rawat inap di Rumah Sakit Umum Aminah Kota Blitar. Namun dilihat dari hasil penelitian,
responsiveness memperoleh nilai puas yaitu 71,5% dan menduduki urutan paling bawah dari 5
aspek yag diteliti.
Kata kunci :Pemberian informasi obat,tingkatkepuasan,