Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Graitaningsih, Sulistyo
Lestari, Widji Siti
Subject
AP Aspek Kedokteran Umum
Datestamp
2019-08-20 03:18:39
Abstract :
IGD merupakan salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan yaitu kegawat daruratan yang ada
dirumah sakit. Keluarga pasien IGD belum semua mengetahui sistem rujukan, kelengkapan adminitrasi
dan kasus kategori gawat darurat dalam pelayanan peserta BPJS. Tujuan penelitian ini sejauh mana
pengetahuan keluarga pasien BPJS Kesehatan terhadap penerapan sistem pelayan rujukan di IGD,
diharapkan keluarga pasien dapat memberi informasi ke masyarakat tentang prosedur ke IGD. Jenis
penelitian deskriptif, populasi penelitian keluarga pasien BPJS yang datang di IGD bulan Februari
2018 sejumlah 339 orang, sampel penelitian 100 orang, instrument pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan keluarga pasien tentang kriteria fasiitas,
prosedur pelayanan dan persyaratan terhadap sistem pelayanan rujukan dengan katagori baik.
Diharapkan keluarga pasien BPJS Kesehatan bisa memberi atau menyebarkan informasi ke masyarakat
peserta BPJS Kesehatan tentang prosedur berobat ke IGD
Kata Kunci : BPJS Kesehatan, Keluarga Pasien, Sistem Pelayanan Rujukan.