DETAIL DOCUMENT
EVALUASI MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS MOJOLANGU KOTA MALANG
Total View This Week23
Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Sari, Siti Nurindah
Lestari, Widji Siti
Subject
AA Ilmu Kedokteran 
Datestamp
2019-08-20 03:33:43 
Abstract :
Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan salah satu kebutuhan dasar yang diperlukan setiap orang. Puskesmas adalah salah satu organisasi pelayanan kesehatan yang pada dasarnya adalah organisasi jasa pelayanan umum. Puskesmas sebagai pelayanan masyarakat perlu memiliki pelayanan kesehatan yang bermutu. Oleh karenanya, untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas. Puskesmas perlu ditunjang dengan pelayanan kefarmasian yang bermutu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Mutu Pelayanan Kefarmasian pada Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mojolangu Kota Malang terhadap SDM (Sumber Daya Manusia), ketersediaan sarana dan prasarana, dan pelayanan resep (penyiapan obat, penyerahan obat, dan pemberian informasi obat). Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Mojolangu Kota Malang pada bulan Juli. Pada penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengambil data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan kefarmasian dilihat dari tiga sub variabel yaitu SDM (Sumber Daya Manusia), ketersediaan sarana dan prasarana, dan pelayanan resep sebesar 66,13 % termasuk dalam kategori cukup baik. Sementara itu pelayanan yang diprioritaskan untuk perbaikan adalah : Petugas apotek memberikan perhatian terhadap keluhan pasien, dan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung agar pasien mendapatkan informasi kesehatan yang benar. Kata Kunci: Mutu, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas 
Institution Info

Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang