Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Cahandriani, Merlita Setiyawati
Subject
AA Ilmu Kedokteran
Datestamp
2019-08-10 04:02:21
Abstract :
Waktu tunggu pelayanan resep obat non racikan pada pasien BPJS rawat jalan di Instalasi Farmasi
RSUD kanjuruhan belum sesuai Standar Pelayanan Minimal yang ditetapkan. Penelitian ini
bertujuan mengidentifikasi akar permasalahan waktu tunggu pelayanan Instalasi Farmasi. Metode
untuk mengidentifikasi akar masalah dilakukan dengan Focus Group Discussion(FGD) yang
melibatkan petugas Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya
SDM, penumpukan resep pada waktu tertentu, kelengkapan resep yang kurang, kelengkapan
administrasi resep kurang, kekosongan obat, dan pengerjaan resep yang masih manual.
Berdasarkan masalah tersebut dilakukan analisa “5 Why†untuk menemukan akar permasalahan.
Akar masalah yang ditemukan adalah SDM bagian farmasi masih belum diprioritaskan, banyaknya
jumlah pasien dan jumlah dokter yang terbatas, terlambatnya pembayaran dari rumah sakit
dikarenakan klaim BPJS, dan tidak sesuainya beban kerja dengan jumlah SDM.
Kata kunci : Instalasi Farmasi, Waktu tunggu, pasien BPJS