Abstract :
Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu pelayanan penunjang medik yang tidak dapat dipisahkan
dari pelayanan rumah sakit secara keseluruhan. Salah satu peran farmasi ada pemberian informasi obat
kepada pasien agar meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pasien tentang obat. Pengukuran
kepuasan pasien didapat setelah pemberian informasi obat yang di berikan petugas Instalasi Farmasi
Rumah Sakit dengan membandingkan antara harapan pasien dan kinerja pelayanan yang diberikan.Untuk
mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pemberian informasi obat di Rumah Sakit
Sumber Sentosa Tumpang Kabupaten Malang.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan
pendekatan prospektif. Dimana peneliti melakukan penelitian dengan tujuan utama untuk membuat
gambaran atau deskripsi tentang keadaan secara objektif tanpa adanya intervensi atau perlakuan yang
berbeda. Pemberian Informasi Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Sumber Sentosa Tumpang
dinyatakan sangat puas dengan prosentase 78,24%, ini membuktikan dan menggambarkan bahwa mutu
pemberian informasi obat di Instalasi Farmasi secara umum sangat baik dan memuaskan pasien serta telah
tercapai harapan pasien yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik.
Kata Kunci :Pemberian Informasi Obat, Tingkat kepuasan Pasien,Rumah Sakit