Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Nurita, Ayuricha Pramaeswari
Lestari, Widji Siti
Subject
AQ Sistem Kedokteran lainnya
Datestamp
2019-09-03 03:10:29
Abstract :
Kualitas pelayanan kefarmasian tidak hanya berpengaruh terhadap kepuasan pasien, namun
juga kesehatan atau kesembuhan pasien. Pasien yang merupakan peserta BPJS sering kali merasa
kurang puas dengan pelayanan kefarmasian yang disediakan oleh rumah sakit. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS terhadap
pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Khusus Bedah Hasta Husada Kepanjen, Kabupaten
Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi yaitu seluruh pasien atau
keluarga pasien peserta BPJS pada bulan Maret 2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik
Quota sampling, dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 85 orang. Data penelitian diperoleh
dengan menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap dimensi kualitas
pelayanan (ketanggapan, kehandalan, jaminan, kepedulian, dan bukti langsung) adalah sebesar
67,86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien berada pada kategori “puasâ€.
Kata Kunci: Tingkat kepuasan, BPJS, Pelayanan rumah sakit.