Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Nadifah, Elta Galuh
Pratama, Jainuri Erik
Subject
BG Ilmu Farmasi
Datestamp
2019-09-19 07:33:08
Abstract :
Tahap distribusi obat ke pasien salah satunya yaitu metode UDD (unit dose dispensing) dimana obat
didistribusikan atau tersedia pada ruang perawatan pasien setiap waktu. Mutu pelayanan farmasi rumah
sakit adalah pelayanan farmasi yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan dalam
menimbulkan kepuasan pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata masyarakat, serta
penyelenggaraannya sesuai dengan standar pelayanan profesi yang ditetapkan serta sesuai dengan kode
etik profesi farmasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan 5 Februari - 28 Februari 2018. Data diperoleh
dengan penyebaran kuisioner yang pertanyaannya mencakup 3 variabel yaitu : Variabel Ketepatan
Pemberian Obat didapatkan presentase sebanyak 97,2% puas. Variabel Perhatian Individual
mayoritas responden menjawab puas dengan persentase sebanyak 100 %. Variabel Kepuasan Kemasan
Obat hasil presentase sebanyak 94,5 % puas.. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan tentang profil mutu pelayanan penyiapan dengan metode UDD tentang ketepatan waktu
pemberian obat, pemberian informasi obat, dan kemasan obat, responden sudah merasa puas.
Kata Kunci : Waktu Pemberian Obat, Perhatian Individual, Kemasan Obat UDD.