Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Angriani, Rina
Susanto, Noor Annisa
Subject
BG Ilmu Farmasi
Datestamp
2019-09-19 07:43:51
Abstract :
Apotek Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 51 ialah sarana pelayanan
kefarmasian yang dijadikan sebagai tempat dilakukannya pelayanan kefarmasian oleh apoteker.
Pelayanan pada dasarnya dapat dikatakan sebagai suatu tindakan dan perlakuan atau cara melayani
orang lain untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginannya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan di Apotek X yang berada di
Wilayah Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang ditinjau dari 5 dimensi.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan deskriptif. Data diperoleh dengan cara
menyebarkan kuesioner dengan responden sebanyak 100 responden. Data yang didapat kemudian
diinterpretasikan melalui kategorisasi untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsumen mempunyai penilaian yang baik terhadap dimensi
kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti langsung.
Kata Kunci: Pelayanan Apotek, Kepuasan, Konsumen