Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
widyatama, Famala
Misgiati, Misgiati
Subject
BG Ilmu Farmasi
Datestamp
2019-09-20 03:30:40
Abstract :
Tingkat kepuasan adalah perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan. Dengan
demikian apabila dikaitkan dengan pelanggan, Kalau kinerjanya sesuai harapan, pelanggan akan
merasa puas, Kalau kinerjanya melebihi harapan, pelanggan akan sangat puas. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan farmasi di Apotek
“X†di Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu metode
penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat gambaran atau deskriptif tentang suatu
keadaan secara objektif. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 sampel. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuoesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden
sudah merasakan puas terhadap pelayanan yang diberikan untuk kedua sub variable yaitu sub
variabel pelayanan konsumen dan saranaprasarana. Dari hasil penelitian sub variabel pelayanan
konsumen sebanyak 31 orang (77,5%) menyatakan puas dan sub variabel sarana prasarana
sebanyak 20 orang (50%) menyatakan puas.
Kata kunci: Apotek, Pelayanan Farmasi, Kepuasan Konsumen.