DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK BURING FARMA MALANG
Total View This Week83
Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Sari, Rinda Puspita
Mardhiyah, Mardhiyah
Subject
BG Ilmu Farmasi 
Datestamp
2019-12-11 08:15:55 
Abstract :
Pelayanan informasi obat dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Pelayanan informasi obat yang diberikan meliputi pelayanan informasi obat tentang nama obat, dosis obat, cara penggunaan obat, efek samping obat, indikasi obat, kontra indikasi obat, cara penyimpanan obat. Pelayanan informasi obat dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan oleh tenaga farmasi di Apotek Buring Farma kepada pasien yang menebus obat dengan menggunakan resep. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasinya berjumlah 124 pasien, yaitu pasien yang menebus obat dengan menggunakan resep di Apotek Buring Farma pada bulan Oktober-Desember 2018, sampel sebanyak 40% dari jumlah populasi yaitu 50 pasien. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas. Hasil dari penelitian prosentase kepuasan pasien tentang penjelasan petugas farmasi yang berkaitan dengan nama obat, dosis obat, cara penggunaan obat, efek samping indikasi, kontra indikasi dan cara benyimoanan berturut-turut 96,8%, 96%, 94,4%, 92%, 85,2%, 82,4%, dan 92,4% sehingga rata-rata kepuasan pasien sebesar 91,3%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pasien merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan. Kata Kunci: Pelayanan Informasi Obat, Tingkat Kepuasan Pasien, Apotek 
Institution Info

Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang