Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Sari, Rinda Puspita
Mardhiyah, Mardhiyah
Subject
BG Ilmu Farmasi
Datestamp
2019-12-11 08:15:55
Abstract :
Pelayanan informasi obat dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Pelayanan informasi obat
yang diberikan meliputi pelayanan informasi obat tentang nama obat, dosis obat, cara penggunaan
obat, efek samping obat, indikasi obat, kontra indikasi obat, cara penyimpanan obat. Pelayanan
informasi obat dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan oleh tenaga
farmasi di Apotek Buring Farma kepada pasien yang menebus obat dengan menggunakan resep.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasinya berjumlah 124 pasien, yaitu pasien yang
menebus obat dengan menggunakan resep di Apotek Buring Farma pada bulan Oktober-Desember
2018, sampel sebanyak 40% dari jumlah populasi yaitu 50 pasien. Metode yang digunakan adalah
metode survei dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas. Hasil dari penelitian
prosentase kepuasan pasien tentang penjelasan petugas farmasi yang berkaitan dengan nama obat,
dosis obat, cara penggunaan obat, efek samping indikasi, kontra indikasi dan cara benyimoanan
berturut-turut 96,8%, 96%, 94,4%, 92%, 85,2%, 82,4%, dan 92,4% sehingga rata-rata kepuasan
pasien sebesar 91,3%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pasien merasa sangat puas
dengan pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci: Pelayanan Informasi Obat, Tingkat Kepuasan Pasien, Apotek