DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PELATIHAN BRIDGE SIMULATOR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI TARUNA NAUTIKA
Total View This Week4
Institusion
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
Author
HARRY MARDI, AREMA PUTRA
Subject
Nautika 
Datestamp
2021-07-01 02:28:10 
Abstract :
Putra, Harry M.M.A.2021. “ Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pelatihan Bridge Simulator Terhadap Peningkatan Kompetensi Taruna Nautika”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. Arika Palapa, M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Bapak Nasri, M.T., M.Mar.E. Dunia maritim saat ini telah memasuki era modern. Semakin berkembangnya dunia kemaritiman di era modern ini setiap pelaut semakin dituntut agar mempunyai kompetensi yang tinggi dan mampu melaksanakan tugas dengan baik dengan berpedoman dengan ilmu pengetahuan tentang kecakapan pelaut dan ilmu pengetahuan dalam memahami berbagai macam peraturan kepelautan. Ada banyak macam cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pelaut dan diantaranya adalah pelatihan menggunakan sarana bridge simulator. Akan tetapi pelatihan saja tidak menjamin adanya peningkatan kompetensi yang signifikan tanpa adanya motivasi belajar. Dengan adanya motivasi belajar ditambah dengan pelatihan bridge simulator maka akan meningkatkan kompetensi pelaut. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan proses penelitian berpendekatan kuantitatif, dan berjenis asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer berupa kuesioner tentang motivasi belajar, pelatihan, dan peningkatan kompetensi. Responden yang di dapat dari perwakilan 4 instansi dan tiap instansi masing-masing 1 kelas dan dijadikan populasi sehingga berjumlah 103 dan didapat sample berjumlah 80 taruna. Objek dalam penelitian ini adalah taruna nautika dari 4 instansi/akademi berbeda yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Data tersebut diolah menggunakan software komputer IBM SPSS Statistics versi 23. Dalam Penelitian ini disimpulkan bahwa motivasi belajar dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi. Hasil penelitian menyarankan agar instansi dapat membangun motivasi belajar dalam diri setiap taruna dan meningkatkan kualitas dan efektifitas pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi taruna nautika. 
Institution Info

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang