DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENANGGULANGAN KEBOCORAN PADA SEKAT ANTARA TANGKI MUATAN DAN TANGKI BALLAST DI KAPAL MT. KRASAK
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
Author
FEBI, TRI MUKTI
Subject
Skripsi 
Datestamp
2019-02-06 02:07:52 
Abstract :
ABSTRAKSI Febi Tri Mukti, 2018, NIT : 50134842.N, “Upaya Penanggulangan Kebocoran pada Sekat antara Tangki Muatan dan Tangki Ballast di Kapal MT. Krasak”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. H. Suherman, M.Mar, Pembimbing II: Adi Oktavianto, S.T., M.M Pada umumnya konstruksi kapal tanker mempunyai beberapa tangki, antara satu tangki dengan yang lain dipisahkan oleh beberapa macam sekat diantaranya sekat membujur dan sekat melintang. Sekat antara tangki muatan dua kanan (COT 2S) dan tangki ballast satu kanan (WBT 1S) mengalami kebocoran, hal ini diketahui juru mudi jaga setelah mengecek overboard tempat keluarnya air ballast dan diketahui bahwa muatan yang berada pada tangki dua kanan (COT 2S) menetes masuk ke tangki ballast satu kanan (WBT 1S). Adapun permasalahan yang ditemukan sehubungan dengan judul penulis adalah apakah faktor penyebab kebocoran dan bagaimana upaya penanggulangan kebocoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan deskriptif. Data-data penelitian diperoleh dari data menurut sumbernya (data primer dan data sekunder) dan data menurut jenisnya, sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan studi pustaka. Dari penelitian ini ditemukan bahwa faktor utama penyebab kebocoran pada sekat antara tangki muatan dan tangki ballast yaitu karat (korosi), penanggulangan dilakukan dengan cara penambahan atau penyumbatan menggunakan plat yang di mur, sedangkan pencegahan dilakukan dengan cara perawatan memberikan lapisan pelindung menggunakan cat. Kata kunci: Kebocoran, karat (korosi) 
Institution Info

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang