Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Sari, Ni Made Kartika
Suandi, I Ketut
Mandia, I Nyoman
Subject
Akuntansi
Datestamp
2023-09-13 02:03:24
Abstract :
Penjualan kredit merupakan strategi untuk meningkatkan laba perusahaan.
Penjualan kredit dapat meningkatkan piutang yang dapat menyebabkan piutang
tidak dapat ditagih apabila piutang tidak dikelola dengan baik. Pengendalian
piutang diperlukan untuk menekan jumlah piutang yang tak tertagih serta dapat
mengendalikan pengelolaan piutang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui
analisis kredit pada Le Meridien Bali Jimbaran; 2) mengetahui dan menganalisis
kebijakan kredit pada Le Meridien Bali Jimbaran; 3) mengetahui dan menganalisis
kinerja pengelolaan piutang pada Le Meridien Bali Jimbaran. Penelitian ini
menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer dan
data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis
deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis 5C, kebijakan kredit, dan rumus?rumus rasio keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara keseluruhan
pengendalian piutang Le Meridien Bali Jimbaran belum berjalan dengan baik
setelah dianalisis menggunakan tiga indikator. Pertama, analisis 5C pihak hotel
melakukan empat dari lima analisis 5C. Kedua, realisasi dari standar pemberian
kredit, standar invoicing, standar pembayaran kredit, serta standar penagihan dan
pengumpulan piutang belum sepenuhnya sesuai dengan kebijakan kredit yang
ditetapkan hotel. Ketiga, hasil pengelolaan piutang menggunakan rasio-rasio
keuangan masih kurang baik karena hasil yang diperoleh belum sepenuhnya sesuai
dengan standar yang ditetapkan hotel.