DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengendalian Piutang untuk Meminimalisasi Risiko Piutang Tak Tertagih di Hotel Le Meridien Bali Jimbaran
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Sari, Ni Made Kartika
Suandi, I Ketut
Mandia, I Nyoman
Subject
Akuntansi 
Datestamp
2023-09-13 02:03:24 
Abstract :
Penjualan kredit merupakan strategi untuk meningkatkan laba perusahaan. Penjualan kredit dapat meningkatkan piutang yang dapat menyebabkan piutang tidak dapat ditagih apabila piutang tidak dikelola dengan baik. Pengendalian piutang diperlukan untuk menekan jumlah piutang yang tak tertagih serta dapat mengendalikan pengelolaan piutang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui analisis kredit pada Le Meridien Bali Jimbaran; 2) mengetahui dan menganalisis kebijakan kredit pada Le Meridien Bali Jimbaran; 3) mengetahui dan menganalisis kinerja pengelolaan piutang pada Le Meridien Bali Jimbaran. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis 5C, kebijakan kredit, dan rumus?rumus rasio keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara keseluruhan pengendalian piutang Le Meridien Bali Jimbaran belum berjalan dengan baik setelah dianalisis menggunakan tiga indikator. Pertama, analisis 5C pihak hotel melakukan empat dari lima analisis 5C. Kedua, realisasi dari standar pemberian kredit, standar invoicing, standar pembayaran kredit, serta standar penagihan dan pengumpulan piutang belum sepenuhnya sesuai dengan kebijakan kredit yang ditetapkan hotel. Ketiga, hasil pengelolaan piutang menggunakan rasio-rasio keuangan masih kurang baik karena hasil yang diperoleh belum sepenuhnya sesuai dengan standar yang ditetapkan hotel. 
Institution Info

Politeknik Negeri Bali