Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Kaniska, Ang Kansya Jeannita
Putri, Wayan Tari Indra
Dwijayanti, Ni Made Ayu
Subject
Akuntansi
Datestamp
2023-09-13 06:48:57
Abstract :
Kemajuan teknologi dapat memudahkan masyarakat untuk
meringankan pekerjaan mereka. Masyarakat yang dulunya hanya mengenal
uang tunai, kini mengenal pembayaran non tunai. Perilaku konsumtif ialah
keinginan individu untuk membelinya tanpa batas dan tanpa melihat
pertimbangan yang rasional namun untuk memenuhi hasrat kesenangan
semata. Faktor-faktor yang menimbulkan perilaku konsumtif ialah transaksi
cashless, kemudahan aplikasi belanja online, gaya hidup. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh transaksi cashless, persepsi kemudahan
aplikasi belanja online, gaya hidup terhadap perilaku konsumtif.
Lokasi penelitian ini di Politeknik Negeri Bali. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa aktif Politeknik Negeri Bali dan sampel
dalam penelitian ini adalah pengguna aktif transaksi cashless dan aktif
menggunakan aplikasi belanja online di Politeknik Negeri Bali sebanyak 100.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas,
Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji t dan
Uji Koefisien Determinasi.
Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa transaksi cashless
berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, persepsi
kemudahan aplikasi belanja online berpengaruh positif signifikan terhadap
perilaku konsumtif, dan gaya hidup penggunaan teknologi berpengaruh
positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Besarnya pengaruh variabel
transaksi cashless, persepsi kemudahan aplikasi belanja online, dan gaya
hidup terhadap perilaku konsumtif adalah 53%. Kontribusi hasil penelitian ini
ialah memberikan gambaran bahwa Bagi Politeknik Negeri Bali diharapkan
agar terus berupaya memberikan pendidikan dan kesadaran tentang
pengelolaan keuangan yang bijaksana bagi mahasiswa melalui berbagai cara,
seperti seminar, lokakarya, atau sumber daya online. Mahasiswa diajarkan
cara membuat anggaran, menyusun rencana keuangan, menabung, dan
berinvestasi dengan bijaksana, generasi milenial hendaknya selalu
memanfaatkan dengan baik aplikasi belanja online, melakukan pengelolaan
dengan baik agar terhindar dari perilaku konsumtif yang tinggi.