DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengendalian Internal atas Pembayaran Dana Pensiun Pegawai Negeri Sipil pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Denpasar
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Mandarika, Ni Wayan
Arsana, I Made Marsa
Suprapto, Putu Adi
Subject
Ilmu Ekonomi 
Datestamp
2023-09-13 02:16:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan pengendalian internal terhadap pembayaran dana pensiun pegawai negeri sipil pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Denpasar. Sumber data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan komponen pengendalian internal terdiri atas lingkungan pengendalian, peneliaian resiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian, dan pemantauan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan permasalahan yang ada di dalam suatu perusahaan dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh yang berkaitan dengan sistem pengendalian internal atas pembayaran dana pensiun pegawai negeri sipil. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pengendalian internal terhadap pembayaran dana pensiun yang diterapkan oleh PT. Taspen (Persero) Denpasar belum sepenuhnya sesuai dengan kerangka pengendalian internal menurut COSO. Hal tersebut dibuktikan dengan masih ditemukannya keterlambatan pada proses pembayaran gaji oleh pegawai akibat pelaksanaan aktivitas pengendalian pada pemisahan tugas belum dilaksanakan dengan baik dikarenakan masih adannya perangkapan tugas karyawan, yaitu karyawan pada bagian administrasi keuangan yang merangkap tugas menjadi bagian dosir serta bagian Customer Service juga melakukan perhitungan hak pensiun dimana hal tersebut seharusnya dilakukan oleh bagian kepesertaan serta keterlambatan gaji yang dibayarkan oleh mitra bayar PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Denpasar akibat dari adanya keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Perusahaan serta belum efektifnya informasi dan komunikasi yang mengakibatkan nasabah komplain dengan keterlambatan tersebut. 
Institution Info

Politeknik Negeri Bali