Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Ratni, Ni Made
Sagitarini, Luh Linna
Damayanti, Ida Ayu Kade Werdika
Subject
Ilmu Sosial
Datestamp
2023-09-14 01:44:36
Abstract :
Penulisan penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan wisatawan terhadap kualitas pelayanan pada food and beverage department di Holiday Inn Resort Bali Nusa Dua. Masalah utama yang diteliti adalah dimensi pelayanan apakah yang menjadi prioritas atau memenuhi harapan wisatawan sehingga bisa diketahui yang paling penting dalam kepuasan wisatawan diantara dimensi kualitas pelayanan pada Food and Beverage Department di Holiday Inn Resort Bali Nusa Dua yang memiliki 2 restoran sebagai fasilitas makan dan minum, yang berlandaskan teori kualitas pelayanan, food and beverage department dan kepuasan wisatawan. Dalam hal ini metode yang dipakai adalah kualitative dan kuantitative. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuisoner, wawancara, dokumentasi dan tinjauan literature. Menggunakan teknik analisis data metode servqual (gap) dan Important Performance Analysis (IPA) dengan 78 responden yang didapat dari teknik simple random sampling dan metode Slovin dari populasi wisatawan yang pernah menginap di Holiday Inn Resort Bali Nusa Dua.