DETAIL DOCUMENT
Analisa Gangguan KWh Meter Prabayar 1 Phasa pada Pelanggan PT. PLN ULP Singaraja
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Mahandika, I Gusti Putu Ferdi
Sajayasa, I Made
Sunaya, I Nengah
Subject
Teknik Elektro 
Datestamp
2023-09-14 05:44:36 
Abstract :
Pada era globalisasi energi listrik merupakan salah satu sumber energi utama untuk menunjang segala aktivitas baik itu untuk kebutuhan di rumah tangga maupun industri. Kebutuhan energi listrik di Bali saat ini terus meningkat dari tahun ke tahun, untuk mengembangkan pelayanan suatu perusahaan, dibuatlah suatu inovasi demi mempertahankan eksistansi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Bentuk inovasi yang diciptakan oleh PT. PLN (Persero) adalah dengan mengeluarkan program listrik prabayar atau disebut juga Listrik Pintar. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari data yang sudah dirangkum penulis dapat menganalisa bahwa Gangguan kWh Meter Eror sebanyak 315, Gangguan kWh Meter Nyatakan Periksa sebanyak 182, Gangguan kWh Meter Blank, Gangguan kWh Meter Keypad Rusak sebanyak 135. Faktor penyebab terjadinya gangguan pada kWh Meter Prabayar 1 phasa disebabkan oleh 2 faktor yaitu dari faktor internal dan eksternal, upaya yang dilakukan untuk mengatasi gangguan tersebut adalah pelanggan melakukan hal sederhana dengan mematikan saluran listrik yang mungkin membahayakan, selanjutnya melakukan pengaduan terhadap gangguan tersebut ke pihak PLN atau menghubungi call center 123. 
Institution Info

Politeknik Negeri Bali