Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Arta, I Putu Esa Hangar Jaya Arta
Atmaja, I Made Ari Dwi Suta
Maulani, Wildan
Subject
Teknologi Informasi
Datestamp
2024-04-12 14:31:21
Abstract :
Laporan tugas akhir ini memuat tentang Analisa Bandwidth Tidak Stabil yang diAlami Pelanggan PT Mitra Telemedia Manunggal, pelanggan yang terkendala akan menghubungi Customer Service (CS) lewat pesan whatsapp dari MTM saat pelanggan sudah menjelaskan kendala yang terjadi dilokasi, CS akan meneruskan ke tim troubleshoot untuk dicek status jaringan dilokasi seperti apa, tim troubleshoot akan mengidentifikasi kendala yang dialami pelanggan dan solusi terbaik yang bisa dilakukan dari sistem (sistem SmartOLT), tim troubleshoot akan mengecek sinyal fiber optic, durasi menyala modem, berapa banyak device yang terkoneksi ke wifi dan cek interference channel wifi dari SmartOLT, sesudah itu tim troubleshoot akan melaporkan hasil pengecekannya ke pelanggan dan akan melakukan tindakan seperti restart modem/router wifi dari SmartOLT, ubah channel wifi, dan jika pelanggan masih terkendala maka tim troubleshoot akan membuat surat perintah kerja (SPK) untuk dilakukan pengecekan jaringan kelokasi secara langsung untuk memastikan kendala nya seperti apa.