DETAIL DOCUMENT
Analisis Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (Emp) Dengan Metode Ratio Time Headway (Studi Kasus : Jl. I Gusti Ngurah Rai, Mengwi, Badung)
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Ananda, I Gede Putu Yoga Paramartha
Aryawan, I Gede Made Oka
Sutapa, I Ketut
Subject
Transportasi 
Datestamp
2024-04-04 05:47:19 
Abstract :
Nilai ekivalensi mobil penumpang merupakan sebuah nilai untuk mengkonversi satuan dari berbagai jenis kendaraan dengan mobil penumpang sebagai patokannya, mengingat kendaraan mobil penumpang merupakan jenis kendaraan paling cocok digunakan saat melakukan suatu analisis lalu lintas Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan jumlah penduduk yang signifikan serta peningkatan jumlah penggunaan kendaraan menyebabkan nilai emp ini dirasa kurang sesuai jika digunakan dimasa sekarang. Penelitian dilakukan pada jalan I Gusti Ngurah Rai, Mengwi, Badung yang merupakan jalan satu arah dengan dua lajur tak terbagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ratio time headway. Data Geometrik didapat dengan melakukan pengukuran manual pada penampang jalan, data volume lalu lintas dan data time headway didapat dengan merekam arus lalu lintas pada jalan I Gusti Ngurah Rai kemudian dihitung dengan melihat rekaman tersebut. Hasil nilai emp yang didapat kemudian dibandingkan dengan nilai emp pada MKJI 1997. Hasil analisis untuk sepeda motor = 0,54 dan kendaraan berat = 1,3 untuk lajur gabungan, sedangkan pada MKJI 1997 nilai emp sepeda motor = 0,25 dan kendaraan 
Institution Info

Politeknik Negeri Bali