DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan Elektronik dan Inovasi Layanan Pada Aplikasi PLN Mobile Terhadap Kepuasan Pelanggan PT PLN (Persero) UP3 Bali Selatan
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Sanjaya, A.A Gede Nata Negara Lascha
Sanjaya, I Nyoman Suka
Winaya, Ni Nyoman Teristiyani
Subject
Ilmu Sosial 
Datestamp
2023-09-12 11:21:35 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kulitas Pelayanan Elektronik (X1), dan Inovasi Layanan (X2) pada Aplikasi PLN Mobile terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) PT PLN UP3 Bali Selatan baik secara Persial maupun Simultan. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Sumber data penelitian ini merupakan data primer dimana teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket untuk mendapatkan data tentang yang didapat langsung dari jawaban 100 Responden yang merupakan pelanggan PT PLN UP3 Bali Selatan yang mengunduh dan menggunakan Aplikasi PLN Mobile sebagai media informasi tagihan listrik dan transaksi dalam penambahan daya baru, serta pengaduan masalah kelistrikan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan Metode adalah analisis Regresi Linear Berganda dan analisis Koefisien Korelasi. Dimana Hasil Regresi Linear Berganda menunjukan hasil variabel Kualitas Pelayanan Elektronik (X1) adalah sebesar 0,679 yang sedangkan variable Inovasi Layanan (X2) adalah sebesar 0,840 yang artinya variabel Inovasi Layanan memiliki pengaruh yang dominan disbanding Kualitas Pelayanan Elektronik. Untuk korelasi Kualitas Pelayanan Elektronik sebesar 0,628 sedangkan nilai korelasi Inovasi Layanan sebesar 0,629 Hasil uji t menunjukkan Kualitas Pelayanan Elektronik memiliki nilai t hitung sebesar 2,641 sedangkan Inovasi Layanan memiliki nilai 2,683. Hasil uji F menunjukan nilai F hitung sebesar 37,474, yang menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan Elektronik dan Inovasi Layanan secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. 
Institution Info

Politeknik Negeri Bali