DETAIL DOCUMENT
Analisa Tebal Perkerasan Pada Ruas Jalan Gambang - Ijogading
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Angga Muasa, I Wayan
Sujahtra, I Wayan
Putra, I Gusti Putu Adi Suartika
Subject
Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang 
Datestamp
2023-09-11 15:23:49 
Abstract :
Hal yang melatarbelakangi topik Tugas Akhir ini adalah penulis tertarik dengan kondisi jalan pada Kabupaten Karangasem yang rusak lebih dari seperempat jalan yang ada di kabupaten tersebut, serta penulis ingin menerapkan ilmu ketekniksipilan pada perhitungan tebal perkerasan jalan. Pada topik ini dilakukan dengan menggunakan berbagai pengujian, diantarannya tes DCP (Dynamic Cone Penetrometer) dan CBR (California Bearing Ratio). Dari hasil beberapa tes tersebut akan diolah dengan melakukan beberapa perhitungan, sehingga akan mendapatkan hasil rencana tebal lapis perkerasan jalan. Perencanaan pada Tugas Akhir ini menghasilkan tebal perkerasan jalan untuk pembuatan jalan baru di Banjar Gambang ? Ijogading menggunakan 3 lapis perkerasan, karena lalu lintas di jalan tersebut tidak terlalu padat. Perkerasan lapis permukaan atau D1 menggunakan Laston dengan tebal 7,5 cm, lapis pondasi atas atau D2 menggunakan Agregat kelas C dengan tebal 20 cm dan lapis pondasi bawah atau D3 menggunakan sirtu kelas B dengan tebal 10 cm. Kata Kunci : Perkerasan, Desain, Lapisan, CBR 
Institution Info

Politeknik Negeri Bali