DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Bisnis Dan Daya Saing Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Di Sektor Olahraga Pada Media E-Commerce
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Melvern, Raymond
Subject
Entrepreneurship 
Datestamp
2024-02-06 07:56:51 
Abstract :
Industri olahraga di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan, tercermin dari tingginya minat masyarakat dalam berolahraga dan angka pembelanjaan yang signifikan. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menarik bagi perusahaan olahraga, khususnya dalam ranah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, kesuksesan perusahaan-perusahaan tersebut dalam menghadapi persaingan di pasar memerlukan tingkat kinerja bisnis yang optimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dampak dari orientasi pasar, inovasi bisnis, dan daya saing terhadap kinerja bisnis perusahaan UMKM di sektor olahraga di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Analisis Moment Struktural (AMOS) sebagai alat analisis data. Data dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada perwakilan perusahaan UMKM di sektor olahraga di berbagai wilayah Indonesia. Kuesioner dirancang untuk mengukur variabel-variabel penelitian, yaitu orientasi pasar, inovasi bisnis, daya saing, dan kinerja bisnis. Hasil analisis data diharapkan dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis perusahaan UMKM di sektor olahraga. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan strategis bagi perusahaan, pemerintah, dan peneliti untuk meningkatkan daya saing dan kinerja bisnis UMKM di industri olahraga. Temuan ini diharapkan juga dapat menjadi sumbangan penting bagi literatur manajemen dan ekonomi, khususnya dalam konteks UMKM dan industri olahraga di Indonesia. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro