Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Influencer terhadap minat pembelian produk dan mengetahui faktor manakah yang lebih dominan dari Influencer dan minat pembelian. Subjek dari penelitian ini adalah followers @foodwaw yang berjumlah 100 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instagram merupakan salah satu bentuk dari media sosial yang bertujuan untuk berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial. Salah satu hobi yang sering diunggah di Instagram adalah kuliner. Bahkan sekarang bermunculan fenomena memposting hobinya tersebut sambil mempromosikan tempat dan kuliner yang disajikan yang dinamakan Influencer. Influencer memiliki keahlian dalam hal menarik perhatian masyarakat untuk memberikan informasi mengenai produk yang digunakan atau dikonsumsi. Influencer mampu menyampaikan pesan atau opini suatu produk kepada followers-nya sehingga secara sadar atau tidak sadar followers menjadi terpengaruh untuk mencoba produk yang sama. Dalam pemasaran, dukungan Influencer memainkan peran penting dalam mencapai reputasi dan tujuan bisnis perusahaan yang baik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: Promosi yang dilakukan oleh influencer melalui instagram berpengaruh terhadap minat beli konsumen terhadap produk @foodwaw. Promosi dengan menggunakan influencer membuat konsumen tertarik. Apalagi influencer tersebut mempunyai follower yang banyak. Dari tiga aspek yang menjadi indikator influencer dalam mempromosikan suatu produk. Dalam penelitian ini aspek yang paling dominan yaitu relevance. Follower dalam minat beli yang mendominasi yaitu tertarik untuk mencari informasi. Follower mencari informasi pada akun @foodwaw tentang makanan yang enak tidak hanya melihat influencer dalam mempromosikan produk.