DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Kafe Walking Drums)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Perwitasari, Nadya Indah
Subject
Entrepreneurship 
Datestamp
2020-10-20 04:04:49 
Abstract :
Seiring dengan semakin pesatnya industri kafe di Indonesia, sebagai pemilik kafe harus mampu beradaptasi terhadap persaingan dan perubahan pasar dengan cara meningkatkan kualitas layanan yang kemudian dapat menciptakan kepuasan pelanggan sehingga memungkinkan konsumsi berlanjut. Sejauh ini Walking Drums telah mengonsepkan pelayanan dengan baik untuk menciptakan kepuasan pelanggannya, namun ternyata data menunjukkan bahwa jumlah pelanggan yang kembali bertransaksi atau dalam kata lain loyal pada setiap bulannya lebih sedikit dari jumlah pengunjung baru yang mana menjadi celah dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan model Structural Equation Model (SEM) Partial Least Square berbasis komponen. Data primer diperoleh menggunakan kuesioner online, disebarkan kepada 100 pelanggan kafe Walking Drums yang sedikitnya pernah berkunjung sebanyak satu kali, kemudian data diolah menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 3.2.7. Hasil analisis menunjukkan bahwa Nilai pelanggan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sebagai implikasi penelitian ini diharapkan bagi manajemen kafe pada umumnya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan kualitas layanan yaitu lebih menjaga fasilitas kafe, empati terhadap pelanggan, keandalan dan daya tanggap karyawan dan jaminan perusahaan. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro