DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengaruh Kesadaran Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Pembelian Produk Tokopedia Digital Di DKI Jakarta
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Darrick, Ivan
Subject
Entrepreneurship 
Datestamp
2020-10-06 03:46:25 
Abstract :
Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia menjadikan produk digital turut menjadi salah satu layanan yang ditawarkan oleh e-commerce. Saat ini, Indonesia memiliki berbagai e-commerce yang menawarkan produk digital salah satunya ialah Tokopedia. Tokopedia dikenal sebagai salah satu e-commerce ternama di Indonesia. Saat ini, Tokopedia turut menghadirkan layanan produk digital untuk mengikuti perkembangan inovasi pembayaran berbagai produk tagihan di Indonesia melalui Tokopedia Digital. Tokopedia Digital merupakan lini usaha yang baru dikembangkan oleh Tokopedia. Melalui hal tersebut, penelitian ini dilaksanakan untuk menguji pengaruh kesadaran merek dan persepsi kualitas baik secara parsial maupun simultan terhadap niat pembelian. Penelitian ini memanfaatkan SPSS (Statistical Program for Social Science) sebagai metode pengujian hasil penelitian. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling dan berjumlah 100 orang di wilayah DKI Jakarta yang pernah melakukan transaksi produk Tokopedia Digital. Hipotesis yang diperoleh dalam penelitian ini ialah kesadaran merek memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap niat pembelian, persepsi kualitas memilik pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap niat pembelian serta kesadaran merek dan persepsi kualitas memiliki pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap niat pembelian. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah Tokopedia Digital mampu meningkatkan niat pembelian melalui kesadaran merek dan persepsi kualitas. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro