DETAIL DOCUMENT
Analisis Pilihan Pola Reservasi Pada Hotel X Berbintang 5 Di Era Digital
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Bella, Bella
Subject
Hotel Business 
Datestamp
2020-10-05 08:56:36 
Abstract :
Pada era digital ini perkembangan teknologi tidak dapat dihindari, begitu pula perkembangan teknologi pada industri perhotelan. Maka dengan perkembangan teknologi saat ini industri hotel telah menerapkan digital marketing dalam proses pemasarannya. Saat ini banyak digital platform yang mendukung industri perhotelan seperti traveloka, airyroom, zenroom, red doorz, dan TripAdvisor serta media sosial lainnya. Akan tetapi menurut Neuman (1991) dalam McQuaill (2011) yang menyatakan bahwa media baru melengkapi media lama yang tetap berjalan hingga saat ini. Selaras dengan perkembangan teknologi pemasaran digital juga diterapkan di hotel x dalam upaya pemaksimalan tingkat hunian kamar. Akan tetapi masih ada tamu yang melakukan reservasi dengan cara conventional. Dengan demikian penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah trend era digital ini berpengaruh terhadap proses reservasi di hotel x. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualilatif deskriptif dengan pendekatan ethnography, serta pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar tamu dari hotel x berasal dari corporate yang masih memilih metode konvensional sebagai teknik reservasinya. Sehingga preferensi teknik reservasi tamu hotel x adalah kombinasi antara digital booking dan direct booking. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro