Abstract :
Di Indonesia, ritel tergolong bagaikan satu diantara industri yang berkembang, tetapi
kini sedang menghadapi penurunan pengunjung yang berakibat kepada penurunan
penjualan. Para pelaku bisnis ritel harus mencari cara untuk menaikkan jumlah
pengunjung, dimana dapat distimulasikan oleh atmosfir toko dan faktor sosial untuk
menciptakan emosi positif yang berakibat kepada keputusan pembelian konsumen.
Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh atmosfir toko dan
faktor sosial terhadap emotional response yang berdampak kepada keputusan
pembelian konsumen. Penelitian ini memanfaatkan SPSS sebagai alat untuk menguji
hasil penelitian. Penelitian ini juga menggunakan non-probability sampling dengan
responden berjumlah 120 orang yang sudah pernah berkunjung dan berbelanja di toko
ritel perlengkapan bayi di ITC Mangga Dua. Uji hipotesis penelitian membuktikan
bahwa atmosfir toko dan faktor sosial tidak berpengaruh dan tidak signifikan secara
individu kepada emotional response, sementara emotional response berpengaruh
signifikan secara individu terhadap keputusan pembelian konsumen. Sementara,
atmosfir toko dan faktor sosial melalui emotional response secara simultan memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.