DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengaruh Atmosfir Toko dan Faktor Sosial Terhadap Emotional Response yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Konsumen di Toko-Toko Ritel Perlengkapan Bayi di ITC Mangga Dua
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Wijaya, Karen
Subject
Entrepreneurship 
Datestamp
2020-10-19 06:48:55 
Abstract :
Di Indonesia, ritel tergolong bagaikan satu diantara industri yang berkembang, tetapi kini sedang menghadapi penurunan pengunjung yang berakibat kepada penurunan penjualan. Para pelaku bisnis ritel harus mencari cara untuk menaikkan jumlah pengunjung, dimana dapat distimulasikan oleh atmosfir toko dan faktor sosial untuk menciptakan emosi positif yang berakibat kepada keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh atmosfir toko dan faktor sosial terhadap emotional response yang berdampak kepada keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini memanfaatkan SPSS sebagai alat untuk menguji hasil penelitian. Penelitian ini juga menggunakan non-probability sampling dengan responden berjumlah 120 orang yang sudah pernah berkunjung dan berbelanja di toko ritel perlengkapan bayi di ITC Mangga Dua. Uji hipotesis penelitian membuktikan bahwa atmosfir toko dan faktor sosial tidak berpengaruh dan tidak signifikan secara individu kepada emotional response, sementara emotional response berpengaruh signifikan secara individu terhadap keputusan pembelian konsumen. Sementara, atmosfir toko dan faktor sosial melalui emotional response secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro