DETAIL DOCUMENT
Penerapan Budaya Visual Indonesia Era 70-an dan 80-an Sebagai Inspirasi Produk Keramik Peralatan Saji
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Fransiska, Cindy
Subject
Product Design 
Datestamp
2021-09-15 04:11:13 
Abstract :
Nostalgia marketing berawal dari adanya bukti keberhasilan strategi pemasaran yang menitikberatkan pada aspek emosional. Fenomena ini menjadi tren di kalangan pengusaha dan dipergunakan untuk menarik perhatian konsumen. Langkah signifikan yang dilakukan adalah dengan menawarkan produk bergaya desain retro. Di Indonesia, langkah tersebut dinilai efektif dengan semakin maraknya bidang industri lokal yang berlomba-lomba menerapkan gaya retro. Pendesainan produk dengan gaya retro dapat tercapai salah satunya adalah dengan menerapkan budaya visual dari era yang menjadi sasaran. Budaya visual merupakan wujud kebudayaan yang dilihat menggunakan indera penglihatan dimana representasinya dapat berupa berbagai fenomena inderawi. Teori tinjauan desain dapat digunakan untuk mengolah budaya visual dimana memiliki fungsi untuk mengkaji fenomena desain. Selain munculnya tren nostalgia marketing dan produk gaya retro, industri keramik lokal juga mengalami hal yang serupa. Bertambahnya pengusaha di sektor produk keramik peralatan saji, ditambah dorongan pemerintah untuk meningkatkan kualitas desain produk, serta adanya hasil analisa yang membuktikan bahwa Indonesia berhasil memimpin industri keramik di Asia Tenggara, menjadi faktor utama dari fenomena tren industri keramik. Penelitian ini akan mencoba menggali budaya visual Indonesia era 70-an dan 80-an melalui artefak media cetak menggunakan teori tinjauan desain. Hasil penelitian akan diterapkan sebagai inspirasi konsep desain produk keramik peralatan saji dengan harapan mampu memenuhi permintaan pasar akan produk gaya retro serta mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas desain produk keramik. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro