DETAIL DOCUMENT
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah untuk Tetap Menabung di Bank Mandiri dan BCA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Runtuwene, Calvin Andrew
Subject
Entrepreneurship 
Datestamp
2021-09-22 06:50:48 
Abstract :
Perkembangan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membawa dampak signifikan terhadap perubahan perilaku masyarakat termasuk di dalamnya perilaku menabung. Saat ini, konsumen sebagai nasabah suatu bank akan berpikir ulang untuk pergi ke bank untuk melakukan transaksi menabung. Untuk itu pihak bank harus memikirkan factor-faktor yang dapat mempengaruhi nasabah untuk datang melakukan transaksi menabung di bank. Untuk itu, semua bank tidak terkecuali Bank Mandiri dan BCA berlomba-lomba melakukan segala cara untuk menarik nasabah untuk tetap melakukan kegiatan menabung di bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh faktor demografi (usia, jenis kelamin, agama, etnis, pendidikan dan pendapatan), lokasi, promosi, produk, pelayanan dan kredibilitas bank Mandiri dan BCA terhadap minat nasabah untuk tetap menabung di kedua bank tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mencari data primer. Penelitian dilakukan di dua cabang bank Mandiri dan dua cabang BCA dengan jumlah responden masing-masing adalah 100 orang. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan responden. Data diolah dengan SPSS dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas nasabah BCA dan bank Mandiri berjenis kelamin perempuan, beragama Islam, beretnis Jawa, memiliki pendidikan setingkat SMA atau lebih tinggi, dan memiliki pendapatan > 5 juta per bulan. Hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel umur, jenis kelamin, agama, etnis, pendidikan, pendapatan, kredibilitas, lokasi, promosi, produk dan layanan secara serempak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah untuk tetap menabung di BCA dan bank Mandiri pada saat pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66,4% variabel keputusan menabung nasabah pada BCA dapat dijelaskan oleh 11 faktor yang diuji. Sedangkan pada bank Mandiri 70,7% keputusan mengapa nasabah menabung di bank Mandiri dapat dijelaskan oleh variabel-variabel yang diuji. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro