DETAIL DOCUMENT
Analisis Dimensi Gaya Hidup Pengunjung Starbucks (Studi Analisis pada Gerai Starbucks di Citra Garden 6)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Suhardjo, Rafael
Subject
Entrepreneurship 
Datestamp
2021-09-23 04:08:51 
Abstract :
Latar belakang dari penelitian ini adalah penurunan pertumbuhan ekonomi ini dialami oleh semua sektor, termasuk pula sektor Food & Beverage. Kedai Kopi Starbucks termasuk salah satu contoh bisnis Food and Beverage yang masih dapat bertahan di masa pandemi ini. Oleh karena ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi gaya hidup dari konsumen Starbucks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang analisisnya menggunakan variabel independen yaitu aktivitas, minat dan opini. Variabel dependennya adalah gaya hidup. Sampel seharusnya diambil dengan metode purposive sampling, akan tetapi pada akhirnya menggunakan metode random sampling karena kondisi pandemi yang tidak memungkinkan dilaksanakannya metode purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner google form yang disebarkan kepada pengunjung Starbucks Citra 6 sebanyak 103 kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konsumen Starbucks Citra 6 berdasarkan variabel aktivitas adalah memang para peminum kopi regular. Selanjutnya, melalui variabel minat ditemukan bahwa mereka memang tertarik dengan semua produk yang dijual di Starbucks karena kualitas rasa yang ditawarkan. Adapun melalui variabel Opini, peneliti menemukan mereka sangat merekomendasikan Starbucks kepada keluarga maupun teman mereka. Secara keseluruhan, peneliti melihat bahwa para pengujung Starbucks Citra 6 adalah pelanggan yang cukup setia karena mereka sangat menyukai kopi yang dijual di Starbucks, serta senang berkunjung ke Starbucks untuk melakukan aktivitas sehari-hari mereka. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro