DETAIL DOCUMENT
Desain Lampu Hias dengan Mengaplikasikan Product Attachment Theory
Total View This Week0
Institusion
Universitas Agung Podomoro
Author
Santoso, Jessen
Subject
Product Design 
Datestamp
2021-11-01 04:12:17 
Abstract :
Product Attachement dapat definisikan sebagai hubungan emosional pengguna dengan object yang terjadi secara spesial dan signifikan (Mugge & Schifferstein, 2008). Product Attachement telah dipelajari secara luas di berbagai disiplin ilmu, seperti kebutuhan pengguna, strategi desain, dan desain produk. Peneletian tersebut setuju bahwa pengguna memiliki perasaan terhadap barang-barang mereka. Product attachment dapat dialih bahasa kedalam Bahasa Indonesia menjadi afeksi pengguna terhadap produk. Tulisan ini akan mencoba menggunakan product attachment theory sebagai metode dalam proses design thinking pada fase emphatize. Proses design thinking telah banyak diterapkan dalam proses perancangan produk. Salah satu desain produk adalah produk dekorasi ruangan. Desain ruangan dapat mencerminkan karakter dan persepsi pengguna. Penelitian ini akan menggembangkan penelitian yang dilakukan Daniel Orth (2018) dengan mengabungkan fase inspirasi dengan photographic technique. Hasil dari penelitian ini adalah desain lampu hias yang diharapkan dapat mewakili karakter pengguna. 
Institution Info

Universitas Agung Podomoro